Rabu, 30 November 2011

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim







Salah satu tradisi baik masyarakat di Indonesia pada bulan Muharram ini adalah menyantuni anak yatim. Kegiatan ini biasanya dilakukan di masjid, mushalla, majlis taklim maupun yayasan-yayasan. Adapun orang yang menyantuni anak yatim oleh Rasulullah saw dijanjikan akan bersama beliau di surga, sebagaimana sabda beliau,
“Aku dan orang yang menyantuni anak yatim di surga nanti kelak seperti dua jari ini.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ahmad)
Selain kegiatan santunan yang sudah biasa dilakukan di bulan Muharram, mestinya juga ditindaklanjuti dengan kegiatan serupa di bulan-bulan yang lain. Sebab, anak yatim tidak hanya hidup di bulan Muharram saja. Mereka setiap hari butuh makan, pendidikan dan kasih sayang. Oleh karena itu, kaum muslimin dituntut kepeduliannya terhadap anak yatim dengan menyantuni anak yatim secara individu ataupun memberikan bantuan kepada panti-panti asuhan. Dengan demikian, kita ikut mendapat pahala menyantuni anak yatim.
Rasulullah saw bersabda,
“Sebaik-baik rumah orang-orang Islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang disantuni (diperlakukan dengan baik), dan sejelek-jelek rumah orang-orang Islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang diperlakukan dengan tidak baik.” (HR. Ibnu Majah dan Bukhari dalam Adab Al-Mufrad).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar